-->

11 Pekerjaan Yang Cocok Bagi Seorang Gamer

Jenis-jenis Profesi bagi Kalian yang Hobi Bermain Game

Seal BoD Journey - "Jadikan Pekerjaan Sebagai Hobi". Kalimat ini pasti sering kalian dengar di berbagai seminar-seminar mengenai pekerjaan. Bagaimana jika kalimat tersebut kita ubah menjadi, "Jadikan Hobi Sebagai Pekerjaan", tentunya akan membuat kalian lebih bersemangat dalam bekerja daripada pernyataan pertama.

Selain bisa mendapatkan gaji, kalian juga bisa menyalurkan hobi yang dimiliki. Tapi sayangnya, mindset kebanyakan orang di Indonesia masih terbentur dengan mencari pekerjaan yang memberi gaji, meskipun tidak disenangi. Hal ini bisa dilihat dari mahasiswa-mahasiswa yang memilih jurusan karena prospek pekerjaan ketika sudah lulus nanti, bukan karena minat atau hobi.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan jenis-jenis profesi yang cocok bagi kalian yang memiliki hobi bermain video game.
Pekerjaan atau profesi yang cocok bagi, gamer, online game, hobi main video game

1. Desainer Game

Estimasi Pendapatan : Rp. 40.000.000 - Rp. 70.000.000

Pekerjaan pertama adalah Desainer Game. Yang dimaksud dengan Desainer, bukanlah mereka yang membuat desain grafis pada sebuah game, melainkan seseorang yang merancang sebuah sistem atau gameplay permainan.

Desainer game memastikan sebuah game berjalan sesuai dengan alur atau jalan cerita, serta tingkat kesulitan / kemudahan dan pengalaman bermain yang nantinya akan dirasakan pemain-pemain game tersebut.

Prosesnya seperti ini, jika tim yang dibentuk sudah menetapkan sebuah ide untuk game baru, ide tersebut diberikan kepada desainer untuk merancang sistem dan segala hal yang nantinya bisa dinikmati oleh pemain game. Bagi kalian yang memiliki tingkat imajinasi yang tinggi, pekerjaan ini sangat cocok bagi kalian.

2. Audio dan Visual Artis

Estimasi Pendapatan :  Rp. 50.000.000 - Rp. 150.000.000

Pasti kalian akan merasa senang bermain game yang memiliki audio dan visual yang memanjakan mata, disinilah peran Audio dan Visual Artis. Setelah rancangan game sudah dibuat oleh Desainer Game, tugasnya Audio dan Visual Artis untuk membuat suara dan gambar dari game tersebut.

Untuk pekerjaan ini kalian membutuhkan keterampilan lebih dalam mengoperasikan software-software penunjang pekerjaan ini dan juga mengerti dalam hal seni pahat. Karena tidak jarang, seorang Visual Artis akan memahat rancangannya sebelum atau sesudah dikonversi ke bentuk digital.

3. Programmer Game

Estimasi Pendapatan : Rp. 90.000.000 - Rp. 133.000.000

Setelah sistem game, visual dan audio telah matang, sekarang adalah tugasnya seorang programmer untuk memadukan ketiga hal tersebut menjadi sebuah game. Pada pekerjaan ini, terbagi dalam beberapa kategori, karena untuk mewujudkan sebuah game dengan skala yang besar, tidak bisa dilakukan seorang diri (1 programmer) saja.

Untuk itulah Programmer Game dibagi-bagi tugasnya, seperti menangani grafis, gameplay, sistem dan hal-hal lain yang membutuhkan keterampilan seorang programmer agar proses pengembangan game bisa berjalan dengan lancar.

4. Produser Game

Estimasi Pendapatan : Rp. 58.000.000 - Rp. 82.000.000

Pekerjaan berikutnya adalah Produser Game. Profesi ini bisa dikatakan sebagai pekerjaan penting dalam sebuah proyek pengembangan game, karena Produser memiliki tugas sebagai seorang pengawas jalannya proyek tersebut. Dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang mendalam tentang seluk-beluk game seperti desain, audio, visual, dan lain-lain. 

Produser layaknya sebuah sutradara film yang akan mengatur dan membagi tugas dalam pengembangan proyek game.Karena itulah posisi ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki kemampuan memimpin tim atau sub-tim yang akan melaporkan jalannya proses pembuatan game.

5. Game Tester

Estimasi Pendapatan : Rp. 5.000.000 - Rp. 17.000.000 / kontrak

Pekerjaan selanjutnya adalah pekerjaan idaman oleh banyak gamer, karena tidak membutuhkan keterampilan-keterampilan lain seperti menguasai software-software tertentu. Game Tester berperan sebagai penguji game yang akan dipasarkan dan untuk menemukan kesalahan-kesalahan (bug) dalam game.

Kalian hanya memerlukan keahlian dalam bermain game dan kemampuan tersebut sangatlah mudah bagi seorang gamer. Game Tester akan menguji sistem dan gameplay yang sudah dipadukan dengan visual dan audio. Maka tidak jarang, seorang Produser akan meminta Game Tester untuk melakukan perintah-perintah tertentu didalam game berulang kali.

5. Translator Game

Estimasi Pendapatan : Rp. 10.000.000 - Rp. 75.000.000 / kontrak

Apakah kalian fasih berbahasa lain selain Bahasa Indonesia? Jika demikian, kalian bisa mencoba pekerjaan ini. Seorang Translator Game bertugas menerjemahkan game-game kedalam bahasa yang ditugaskan.

Seperti yang kita tahu, banyak sekali game-game online yang berasal dari negara-negara seperti Korea, China, dan negara-negara lain. Ketika game tersebut dibeli lisensinya oleh publisher dalam negeri, tugas Translator Game adalah menerjemahkan game tersebut ke Bahasa Indonesia.

6. Reviewer

Estimasi Pendapatan : Rp. 4.000.000 - Rp. 47.000.000

Bagi seorang Reviewer, objektifitas sangat diperlukan karena dapat mempengaruhi seseorang dalam memainkan game yang di review. Reviewer bisa dilakukan dengan 2 cara, yang pertama adalah dengan menjadi seorang Youtuber, dan yang kedua adalah menjadi Jurnalis.

Pekerjaan ini cukup mudah, karena untuk menjadi seorang Youtuber, kalian hanya perlu memberikan pendapat pribadi secara objektif terhadap game yang sedang kalian review atau mainkan. Sedangkan untuk menjadi jurnalis game, kalian bisa memulainya dengan menulis di website atau blog pribadi.

7. Game Caster

Estimasi Pendapatan : Rp. 3.000.000 - Rp. 15.000.000 / pertandingan

Di jaman sekarang ini, tidak hanya olahraga (sport) seperti basket atau sepakbola yang memiliki Caster. Video game yang terus berkembang juga membutuhkan Caster. Jika dilihat dari deskripsi pekerjaannya, Game Caster bisa dikatakan adalah komentator sebuah game.

Jika kalian tidak malu berbicara di depan publik, memiliki pengetahuan mendalam tentang game yang dikomentari dan bisa mendongkrak emosi seorang penonton turnamen game, pekerjaan ini sangat cocok bagi kalian.

Game Caster memiliki peran yang besar dalam memberikan informasi-informasi yang yang bersangkutan dengan pertandingan yang sedang dikomentari. Beberapa saat yang lalu, saya sempat menonton perlombaan Game dalam negeri, dan Caster dari pertandingan yang sedang berlangsung justru sibuk berdebat mengenai hal diluar pertandingan tersebut. Cukup aneh memang, jika dibandingkan dengan caster-caster diluar negeri.

8. Professional Gamer

Estimasi Pendapatan : Rp. 15.000.000 - Rp. 50.000.000

Profesi berikutnya sangat cocok bagi pemain-pemain game multiplayer, yang sering melaksanakan pertandingan atau turnamen, contohnya DOTA 2 atau League of Legends. Bagi kalian yang hobi dengan game-game kompetitif, bisa terjun ke profesi ini.

Tapi jangan salah, untuk bisa menjadi seorang Pro Gamer, kalian membutuhkan skill diatas rata-rata. Layaknya seorang atlit olahraga pada umumnya, Pro Gamer diharuskan untuk mencapai syarat-syarat tertentu, yang tentunya tidak mudah.

Kalian bisa memulai dari membentuk Tim sendiri bersama teman kalian, kemudian ikutilah turnamen-turnamen yang diadakan di kota atau negara kalian. Usahakan untuk mendapat juara 3 besar. Ketika nama kalian atau tim sudah dikenal oleh banyak orang, kalian akan mendapat tawaran untuk bergabung dengan tim-tim professional.

Pendapatan seorang Pro gamer sangat besar, jika sudah terkenal. Gaji yang didapatkan bisa berupa per turnamen ataupun digaji perbulan layaknya seorang karyawan. Meskipun demikian, profesi ini memiliki umur yang pendek, seperti olahraga konvensional lainnya.

Saya pernah menonton wawancara seorang manajer tim E-Sport dari China yang mengatakan bahwa umur seorang Pro Gamer sangat diperhatikan oleh manajemen sebuah klub karena waktu reaksi (reaction time) untuk Pro Gamer yang sudah tua lebih lambat sepersekian detik dari Pro Gamer yang masih muda.

9. Entrepeneur Game

Estimasi Pendapatan : Unlimited (selama bisnisnya masih jalan)

Punya hobi main game? kenapa tidak mencoba pekerjaan yang satu ini, dengan menjadi Wirausahawan produk-produk game. Selain bisa membuka lowongan pekerjaan, dengan menjadi seorang pebisnis dunia game, kalian bisa terus mengikuti perkembangan dunia video game.

Kalian bisa membuka toko yang dikhususkan untuk alat gaming  atau video-video game atau warnet gaming. Dengan jam terbang yang tinggi sebagai seorang gamer, kalian tentunya sudah paham dengan segala macam masalah atau bisa memberikan pendapat pribadi mengenai sebuah game kepada konsumen toko kalian.

Salah satu keunggulan pekerjaan ini, kalian berkesempatan untuk memainkan game-game yang baru saja di-release oleh perusahaan-perusahaan game dan tentunya tanpa mengantri di toko-toko game lainnya karena kalian sudah memiliki toko sendiri.

10. Game Master

Estimasi Pendapatan : Rp. 3.750.000 - Rp. 12.000.000

Game Master layaknya seorang Dewa yang mengatur dunia sebuah game online. Bagi beberapa publisher game, Game Master dipilih dari pemain-pemain yang sudah veteran dan memiliki pengetahuan yang luas tentang game yang dimainkan.

Bagi seorang pemain biasa, Game Master merupakan tempat curhat (kritik / saran). Bahkan tidak jarang, Game Master dijadikan tempat pelampiasan jika sebuah game yang dimainkan tidak sesuai harapan atau memiliki masalah-masalah teknis.

Perlu digarisbawahi, kalau Game Master tidak bisa langsung memperbaiki seuah kesalahan sistem. Hal tersebut memerlukan persetujuan dari atasan, kemudian dilaporkan ke bagian teknis, biasanya programmer. Dalam sebuah perusahaan game, pekerjaan ini berada cukup rendah dalam struktur organisasi.

Jika kalian siap dicaci maki, diberikan pertanyaan yang aneh-aneh, atau mampu mengatasi sifat masing-masing pemain game online, pekerjaan ini sangat cocok bagi kalian.

11. Operator Warnet

Estimasi Pendapatan : Rp. 1.000.000 - Rp. 4.500.000

Pekerjaan terakhir dari artikel ini adalah Operator Warnet. Pekerjaan ini jangan dianggap remeh, karena dari menjadi seorang Operator, kalian memiliki keleluasaan dalam menggunakan PC yang disediakan (tergantung owner) tanpa membayar jam sewa.

Dengan menjadi Operator Warnet, kalian akan meningkatkan kemampuan menghadapi berbagai macam konsumen yang datang ke Warnet kalian. Selain itu juga kalian bisa berprofesi ganda menjadi seorang joki game, dalam hal menaikkan level / rank, atau mencari item-item rare / legendaris dalam sebuah game.

Inilah 11 pekerjaan yang cocok bagi seorang gamer. Adakah pekerjaan yang ingin kalian inginkan? Semoga kalian bisa diterima di posisi tersebut. Sampai disini dulu artikel kali ini, dan jangan lupa untuk Share artikel ini. Terima kasih. Love Seal.

Semua Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon